Peluang Liverpool Lolos Ke Liga Champions Terancam

Liverpool gagal memperoleh poin penuh setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol di Anfield saat menjamu Southampton. Karakter beberapa pemain utama Liverpool yang sangat dikenal oleh para pemain Southampton sempat disebut – sebut akan mempersulit peluang The Reds meraih poin penuh pada laga tersebut. Situasi yang cukup terbukti setelah para pemain Liverpool mengalami kesulitan mengembangkan permainan dan bermain efektif ketika mendekat kotak penalti lawan. Situasi tersebut dapat berdampak besar pada peluang Liverpool untuk lolos ke Liga Champions Eropa musim depan mengingat posisi keempat di akhir musim tidak menjadi jaminan lolos ke Liga Champions Eropa. Jika Manchester United menjadi juara Liga Eropa musim ini; maka tim di peringkat 4 Liga Primer Inggris akan kehilangan haknya berlaga di Liga Champions Eropa dan harus puas hanya berlaga di Liga Eropa.

 

Liverpool sebenarnya berpeluang besar mendulang 3 poin pada laga melawan Southampton setelah wasit memberi hadiah tendangan penalti bagi tim asuhan Jurgen Klopp. Namun James Milner yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna. Pemain yang kini mengisi posisi bek kiri tersebut untuk pertama kalinya gagal mengeksekusi penalti sejak bulan November 2009 lalu. Fraser Foster menjadi sosok yang menghentikan catatan bagus Milner sebagai eksekutor penalti setelah penjaga gawang Southampton tersebut mementahkan tendangan penalti Milner si menit 66.

 

Hasil imbang 0 – 0 tersebut kini membuat peluang Liverpool mengakhiri Liga Primer Inggris di peringkat 4 besar bergantung dari hasil tim – tim lain. Arsenal, Manchester City dan Manchester United masing – masing memiliki sisa pertandingan lebih banyak; sehingga posisi Liverpool di peringkat 3 saat ini sama sekali belum aman. Jurgen Klopp mengakui bahwa Claude Puel memainkan strategi yang mampu mencegah tim tuan rumah mendominasi permainan; namun sang manajer mengaku akan menyiapkan solusi agar tim tamu berkali – kali sukses menggagalkan hasil 3 poin pada partai kandang Liverpool. Sebelumnya Liverpool bahkan mengalami kekalahan saat menjamu Crystal Palace. Meski pertahanan Liverpool tampil lebih baik dari laga melawan Crystal Palace; namun penyelesaian akhir dari serangan yang dibangun masih lemah sehingga lini depan sulit mencetak gol.